• SD WUKIR RETAWU
  • Bangsa yang besar dimulai dari pendidikan dasar yang bermutu

Cerdas Menghadapi Pandemi Virus Corona

Penulis: Martha Yoga

 

 

Assalamu'alaikum Warohmatullaahi Wabarokaatuh

Apa kabar adik-adik semua yang saat ini sedang belajar di rumah selama 14 hari, semoga tetap semangat yaaa smile ...mari kita berdoa pada Allah semoga segera berlalu wabah flu Corona ini, sehingga kita bisa beraktifitas seperti biasa, Aamiin. Mari kita ambil sisi positip, hikmah dari musibah ini, adik-adik semua jadi membiasakan diri untuk belajar elearning melalui Website sekolah kita tercinta ini, menjadi lebih akrab bersama ayah bunda dan kakak adik tercinta di rumah laughing ...

 

Pak guru ingin sedikit berbagi bagaimana sikap kita menghadapi pandemi virus Corona atau Covid-19 ini. Tidak perlu panik berlebihan ya, namun juga jangan meremehkan dan tidak tahu ilmunya. Ya, kuncinya adalah kita harus tahu ilmunya, dan menjalankannya, Insya Allah kita selamat dari wabah ini, semangat yaaa...

 

Adik-adik semuanya, flu akibat virus Corona ini memang belum ada obatnya, tapi kuncinya sebenarnya ada pada pikiran atau spiritual, daya tahan tubuh, pola hidup bersih dan sehat, mengikuti himbauan umaro (pemerintah). Ok kita kupas satu persatu yaaa..

  1. Pikiran/spiritual

Pertama pikiran kita harus tenang, tidak panik, caranya adalah berdo'a pada Allah S.W.T atau Tuhan Yang Maha kuasa, memohon pada-Nya agar dijauhkan dari virus Covid-19 ini. Bagi yang muslim perkuat ibadah pada-Nya, sholat 5 waktu, dengan berwudhu minimal 5 kali sehari insya Allah bagian wajah, tangan, hidung, mulut, telinga selalu dibersihkan dari virus dan bakteri, bagi yang non muslim juga dengan tata cara ibadahnya masing-masing. Dengan pikiran dan hati yang tenang, kita siap menghadapi masalah apapun.

  1. Daya Tahan Tubuh

Nah, daya tahan tubuh atau immunitas ini juga sangat penting loh, faktanya banyak pasien virus Corona yang sembuh karena daya tahan tubuh yang baik. Di dalam tubuh kita sendiri sudah dilengkapi Security berupa sel-sel darah putih yang bertugas membunuh kuman, virus yang masuk ke tubuh. Nah, kalau sel darah putih atau daya tahan tubuh kita baik Insya Allah kita terbebas dari penyakit. Bagaimana cara supaya daya tahan tubuh kita kuat? Caranya adalah makan-makanan bergizi, konsumsi vitamin atau herbal, rajin berolahraga, cukup istirahat tidur 8 jam sehari, hindari makanan tinggi kolesterol berlemak dan berminyak, tidak merokok.

 

  1. Pola Hidup Bersih dan Sehat

Kebiasaan pola hidup bersih dan sehat sangat penting untuk menjaga diri kita dan lingkungan steril dari virus dan bakteri. Caranya dengan rajin mencuci tangan, lebih baik lagi menggunakan sabun dan sanitizer. Virus Covid-19 ini akan mati jika terkena sabun atau sanitizer. Tidak mengonsumsi daging setengah matang, atau tidak mengonsumsi hewan-hewan yang dalam Islam diharamkan (bagi yang muslim), atau yang dalam sains dan ilmu pengetahuan jelas hewan ini mengandung virus, seperti kelelawar, tikus, anjing, dll. Makanlah makanan makanan yang halal, bersih, sehat dan bebas virus bakteri.

 

  1. Mengikuti himbauan umaro (pemerintah)

Banyak sudah hal-hal yang disosialisasikan oleh pemerintah tentang cara mencegah penyebaran virus Covid-19 ini. Virus yang sudah menyebabkan lebih dari 11.000 orang meninggal di seluruh dunia. Bermula dari kota Wuhan di China, sekarang menyebar yang terbanyak ke Italia, Iran, Korea Selatan, Jepang, Perancis, bahkan sampai ke seluruh dunia dan Indonesia juga tidak luput dari virus ini.

Beberapa himbauan pemerintah yang harus kita patuhi adalah:

a. Diam di rumah, tidak bepergian ke tempat-tempat keramaian.

Salah satu cara efektif menghambat penyebaran Virus Corona ini adalah dengan setiap orang menghindari bepergian dan berkumpul di keramaian, virus ini mudah sekali menular lewat droplet, atau percikan air liur orang yang terinfeksi, bisa saja ketika kita bercakap-cakap dengan orang yang membawa virus ini, atau bisa dari barang-barang yang terkena droplet lalu kita menyentuhnya dengan tangan, lalu tangan kita memegang wajah, masuklah si virus lewat hidung, mulut, telinga atau mata kita. Maka dari itu adik-adik semua sekarang selama 14 hari belajar di rumah ya, manfaatkan waktu dengan baik, jangan bepergian berwisata dulu, diam di rumah dan beribadah, belajar bersama ayah bunda atau kakak adik, ikuti petunjuk guru melalui pembelajaran elearning juga cukup menyenangkan ..Keluar rumah dilakukan hanya untuk hal-hal penting, seperti membeli bahan makanan. Di beberapa negara bahkan sudah melakukan Lockdown, artinya tidak ada yang boleh masuk ke negaranya atau keluar dari negaranya, semua pusat-pusat keramaian dan kegiatan ditiadakan, hanya pusat-pusat stok makanan dan sembako yang dibuka.

 

b.Mengenakan Masker sealed

Masker ini sebenarnya tidak semua harus mengenakan, karena lebih efektif bila masker ini dipakai bagi orang yang sedang flu, sedang batuk dan bersin. Fungsinya adalah agar ketika batuk bersin tidak menyebarkan virus ke lingkungan dan orang lain.

 

c. Hindari Memegang Wajah

Jika terpaksa kita harus bepergian ke luar rumah karena hal-hal yang sangat penting, maka selama kita berada di luar, jangan menyentuh benda-benda yang dipegang orang banyak, seperti gagang pintu, pegangan eskalator, dll.. Namun terkadang kita lupa atau tidak mungkin tidak menyentuhnya, misal ketika harus menekan tombol lift, menekan tombol-tombol mesin atm, dll. Maka selanjutnya adalah hindari memegang wajah selama kita belum mencuci tangan dengan sabun atau sanitizer.

 

Baiklah, demikian yang bisa pak guru bagikan tentang cara menghadapi virus Corona ini, jadi jangan panik ya, tetap tenang namun waspada, baca dan pahami ilmunya, lalu laksanakan, dan tawakal pada Allah S.W.T. Semoga adik-adik dan kita semua bisa terhindar dari penyakit Covid-19 dan berbagai musibah dan penyakit lainnya, Aamiin...laughing

 

Penulis: Martha Yoga

Komentar

Terimakasih pak informasi nya, semoga bermanfaat buat semua nya

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Sosialisasi Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah by BPOM Serang

Senin, 9 Agustus 2021 Hari ini, BPOM Serang mengadakan Sosialisasi Keamanan Pangan Sekolah Se Provinsi Banten. Acara Sosialisasi yang digelar secara Virtual melalui Zoom sangat bermanfa

09/08/2021 19:27 WIB - Administrator