• SD WUKIR RETAWU
  • Bangsa yang besar dimulai dari pendidikan dasar yang bermutu

TIM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH (TPMPS)

Dengan melihat rapor mutu SD Wukir Retawu tahun 2019, Sekolah menyusun Tim Penjamin Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS). Dengan SK TPMPS tahun 2020, semua unsur yang tertera pada SK TPMPS mulai bekerja dengan melakukan langkah dalam melaksanakan Siklus SPMI.

SK TPMPS SD WUKIR RETAWU

Rapor Mutu SD Wukir Retawu tahun 2019 menjadi data awal dalam memetakan kekuatan dan kelemahan sekolah. Adapun Rapor mutu SD Wukir Retawu sebagai berikut:

    2016 2017 2018 2019
Capaian SD WUKIR RETAWU : 5'57 5'59 5'68 6'7
Capaian Kabupaten/Kota : 4'88 5'6 5'63 6'51
Capaian Provinsi : 4'57 5'24 5'53 6'48
Capaian Nasional : 4'34 5'13 5'51 6'52

Dari tahun ketahun, Alhamdulillah rapot mutu sekolah terus meningkat. Dengan kerjasama dari semua unsur yang terlibat dalam TPMPS, sekolah berharap terus dapat meningkatkan SNP.

Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, pemerintah, dalam hal ini Kemendikbud mendorong setiap satuan pendidikan untuk melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMI) agar dapat mencapai Standar Nasional Pendidikan (SNP). Adapun yang menjadi payung hukumnya adalah Permendikbud Nomor 28 tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP) Dasar dan Menengah.

Pada pasal 1 ayat 3 disebutkan bahwa :

Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah adalah suatu kesatuan unsur yang terdiri atas organisasi, kebijakan, dan proses terpadu yang mengatur segala kegiatan untuk meningkatkan mutu pendidikan dasar dan menengah yang saling berinteraksi secara sistematis, terencana dan berkelanjutan.

Lalu pasal 1 ayat 4 menyatakan bahwa :

Sistem Penjaminan Mutu Internal Pendidikan Dasar dan Menengah, yang selanjutnya disingkat SPMI-Dikdasmen adalah suatu kesatuan unsur yang terdiri atas kebijakan dan proses yang terkait untuk melakukan penjaminan mutu pendidikan yang dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan dasar dan satuan pendidikan menengah untuk menjamin terwujudnya pendidikan bermutu yang memenuhi atau melampaui Standar Nasional Pendidikan.

Agar implementasi SPMI dapat berjalan sukses, ada 8 (delapan) kunci yang perlu dilakukan :

Sosialisasi SPMI kepada Warga Sekolah
Hal ini bisa dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Daerah (TPMPD), fasilitator daerah (pengawas), kepala sekolah, atau Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS).
Kepemimpinan Kepala Sekolah yang kuat
Dengan kewenangan yang dimilikinya, kepala sekolah dapat mengomandoi pembentukan TPMPS, menyusun tupoksi dari TPMPS, menyusun komitmen semua warga sekolah dalam melaksanakan SPMI, memberikan pembinaan, arahan, dan pengawasan agar SPMI dapat berjalan dengan baik. Walau demikian, kepala sekolah tentunya tidak one man show, tetapi memberdayakan semua sumber daya manusia yang ada di sekolah.

Perubahan paradigma warga sekolah
Warga sekolah yang belum paham dan sadar terhadap pentingnya penjaminan mutu perlu terus dibina dan diberikan pemahaman. SPMI bukan beban tetapi sebuah proses untuk membantu sekolah meningkatkan mutunya secara bertahap dan berkelanjutan. SPMI bukan hanya sekedar menjalankan kebijakan pemerintah atau perintah atasan, tetapi menjadi sebuah kebutuhan bagi sekolah untuk mencapai SNP.

Komitmen dari TPMPS dan warga sekolah
Kepala Sekolah harus melibatkan semua pendidik dan tenaga kependidikan di satuan pendidikan yang dipimpinnya. Komitmen juga dibangun dari keteladanan kepala sekolah, karena jika kepala sekolahnya kurang berkomitmen dalam mengimplementasikan SPMI, bagaimana dengan para guru stafnya? Hampir dipastikan komitmen mereka pun akan rendah.

Berjiwa Pembelajar
Agar SPMI bisa dipahami dengan baik, maka semua warga sekolah harus mau menjadi pemelajar atau harus literat. Mereka harus mau membaca berbagai perangkat perundang-undangan yang berkaitan dengan 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan (SNP), petunjuk implementasi SPMI, siklus dan tahapan SPMI, format-format yang diperlukan dalam implementasi SPMI, dan sebagainya.

Memahami setiap tahapan SPMI
Siklus SPMI terdiri dari lima tahap, yaitu: (1) pemetaan mutu, (2) penyusunan rencana pemenuhan mutu, (3) pelaksanaan pemenuhan mutu, (4) monitoring dan evaluasi, dan (5) penyusunan strategi pemenuhan mutu baru. Setiap tahapan tersebut perlu dipahami dengan baik oleh TPMPS.

Konsistensi dalam pelaksanaan SPMI
Peran kepala sekolah sangat diperlukan sebagai pemimpin dan motor perubahan di sekolah. Mental pejuang, pengabdi, dan pekerja keras perlu terus dipupuk dan ditumbuhkan oleh kepala sekolah terhadap TPMPS dan semua warga sekolah. Bbudaya apresiasi baik secara materil maupun immateril dapat menjadi “pupuk” untuk tetap menyuburkan dan mempertahankan konsistensi tersebut.

 

Bekerja, belajar dan berusaha bersama-sama dalam mewujudkan Lembaga Pendidikan yang Mandiri dengan selalu meningkatkan Mutu dan Pelayanan kepada Peserta Didik, Masyarakat dan Stakeholder.

Together we are strong.

Komentar

kelengkapan akreditasi

Terima masih ilmunya sangat bermamfaat

terima kasih pencerahan untuk mengkaji mutu sekolah

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Nyala Kreatif FLN 2022, Persiapan Musikalisasi Puisi SDWR

  GSMB (Gerakan Sekolah Menulis Buku) tahun 2021 merupakan tahun ke - 2 Keikutsertaan SD Wukir Retawu dalam ajang Festival Listerasi Nasional yang diselenggarakan oleh Nyalanesia.

17/12/2021 21:18 WIB - Administrator
SD Wukir Retawu, Meraih Terbaik#3 Sekolah Sehat Tingkat Kota Cilegon

Alhamdulillah, SD Wukir Retawu di akhir tahun 2021 masih bisa berprestasi dengan meraih Terbaik ke 3 pada Pelaksanaan Sekolah Sehat Tingkat Kota Cilegon. Dengan dukungan dari semua piha

11/12/2021 05:48 WIB - Administrator
Pembelajaran Berdiferensi, Menjawab Kebutuhan Pembelajaran Abad 21

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang mengakomodasi dari semua perbedaan murid, terbuka untuk semua dan memberikan kebutuhan-kebutuhan yang dibutuhkan oleh seti

03/12/2021 23:30 WIB - Administrator
SD Wukir Retawu Raih Juara 2 Lomba Perpustakaan Kota CIlegon

Penyerahan Piala Oleh Kadis DPAD Kota Cilegon Selamat SD Wukir Retawu Atas Prestasinya meraih Juara 2 Lomba Perpustakaan Tingkat Sekolah Dasar Sekota Cilegon  Selasa, 30 November

02/12/2021 09:34 WIB - Administrator
Kunjungan ke Eco Park PT. Indonesia Power

PT. Indonesia Power memiliki sebuah tempat terbuka hijau yang dapat dikunjungi masyarakat sekitar, yaitu Eco Park. Berlokasi di Suralaya, dekat dengan area Pembangkit Listrik Tenaga Ua

11/08/2021 11:58 WIB - Administrator
SIDANG TAHFIDZ KELAS 6

Cilegon - SD PLTU SURALAYA WUKIR RETAWU mengadakan kegiatan Sidang Tahfidz Kelas 6 yang Alhamdulillah telah terlaksana Pada hari Selasa, 08/06/2021. Kegiatan Sidang Tahfidz ini Alhamdul

09/06/2021 12:02 WIB - Administrator
SD Wukir Retawu "Memanggil" Guru Profesional

Assalamualaikum wr.wb Salam Sejahtera Di penghujung Tahun 2020, SD Wukir Retawu "Memanggil" Guru Profesional untuk bergabung dengan sekolah. Kami mencari guru berjiwa "Pembelajar" untuk

11/11/2020 20:45 WIB - Administrator
KURIKULUM RAMADHAN

  Ramadhan adalah madrasah, sekolah tempat dimana kita banyak sekali belajar tentang hidup dan kehidupan, supaya kita lebih siap menghadapi hidup, supaya kita punya wawasan, supay

26/04/2020 07:39 WIB - Administrator